Senin, 23 September 2013

3.    Repeaters
Sesuai dengan arti dari repeater, yaitu pengulang. Orang yang mengalami OCD jenis ini memiliki pikiran yang membuat dirinya takut sendiri kalau dia nggak mengulang kebiasaannya tersebut. Ada contoh kasus di mana seseorang penderita OCD jenis ini merasa harus membuka-tutup pintu rumahnya berulang-ulang hanya karena dengan begitu dia menganggap rumahnya akan aman dari kemalingan, dan lain-lain. Ribet dah pokoknya.

Kalo mau tau lebih lanjut tentang jenis OCD yang ini, bisa klik di sini.

4.    Orders
OCD yang jenis ini kayaknya paling banyak ada di sekitar kita, yaitu orang-orang yang sukanya menyusun segala sesuatu. They put everything in orders, gak bisa ngeliat ada yang berantakan. Kayak misalnya baju di lemarinya disusun sesuai dengan warnanya, nyusun buku di rak sesuai dengan urutan alphabetical, membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya, dan sebagainya.

(sumber gambar: rocaille-writes)

Orang yang menderita OCD jenis ini akan sangat merasa cemas kalo ada barang di sekitarnya yang gak kesusun rapi atau simetris sesuai dengan keinginannya. Bawaannya gatel aja gitu pengen ngerapihin. Ngeliat pintu kebuka dikit pengennya langsung dirapetin, ngeliat chargeran masih nyolok pengennya langsung cabut dan ngerapihin. Kasian yah.

(sumber gambar: thepittsburghlitterbox)

5.    Hoarders
Nah, kalo OCD yang satu ini adalah kolektor. Kolektor di sini tuh maksudnya suka ngumpulin barang-barang, tapi barang-barang yang gak jelas tujuannya buat apa, bahkan cenderung barang yang gak kepake dan gak berguna.

Kayak misalnya ngumpulin bungkus rokok, kardus bekas, koran bekas, bon belanjaan terus numpuk di tas/dompet, label merk, dan lain-lain. Bahkan ada juga hoarders yang obsesif sama binatang, kayak misalnya setiap ngeliat kucing kampung, langsung dia pelihara, jadinya numpuk dah tuh kucing di rumahnya.


Banyak cewek yang punya OCD ini kayaknya. Beli baju beli baju aja, dipake mah nggak. Numpuk di lemari. Dan masih ngeluh nggak ada baju.

Ini gak bisa dijelasin dengan pikiran biasa, orang yang mengalami OCD jenis ini akan sangat merasa sayang bila barang yang dikumpulin itu dibuang. Mereka beranggapan suatu saat mungkin barang-barang itu akan berguna, ujung-ujungnya jadinya ya numpuk dah tuh sampah.

6.    Thinking Ritualizes
Kalo yang ini hampir mirip-mirip sama repeaters, cuma bedanya ini lebih ke sugesti ke pikiran. Kayak misalnya suka ngomong ke diri sendiri berulang-ulang sekadar buat memotivasi dirinya, atau berdoa secara terus menerus diulang-ulang.

Banyak yang bilang kalo ini terjadi karena masalah kebiasaan. Mereka yang mengalami OCD jenis ini biasanya orang yang minderan, alias gak yakin sama dirinya sendiri.

(sumber gambar: tumblr)
 nyunyu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar